Rabu, 25 Maret 2020

Telur Rebus Penangkal Corona?

Telur rebus adalah hal yang paling bodoh di zaman yang bisa dibilang canggih dan informasi bisa digali.  Entahlah,  orang-orang yang mudah percaya itu apakah karena ilmu agama yang dangkal atau yang paling bodoh tentang sains; dua tipe manusia itu!

Dalam konsep agama,  "Bersama kesukaran pasti ada kemudahan." Saat ini kita sedang berada di masa-masa sukar,  semua tatanan masyarakat berubah,  cara hidup pun berubah,  yang kita harapkan adalah ada mentari penyudahan setelah ini dan kemudian di warnai dengan pelangi. 

Pasti ada kemudahan. Ya, bermunculan berbagai macam penemuan,  dan memacu manusia untuk berpikir lebih serius untuk keluar dari masa-masa sulit.

Islam tidak pernah bertentangan dengan sains dan juga akal,  kalau ada akal yang belum bisa terima konsep Islam,  maka akal itu sendiri yang harus ditanyakan,  karena akal juga memiliki batas untuk menjangkau sesuatu. 

Sebaliknya,  Islam sangat bertentangan dengan khurafat,  karena khurafat lahir dari dangkalnya pemahaman manusia terhadap sesuatu.

Islam dan sains. Usaha kita dengan menggunakan alat-alat modern agar terhindar dari virus, itu adalah wujud tawakal kita kepada Allah. Tapi yang harus kita sadari juga,  bahwa virus ini ada yang menciptakan, yaitu Allah Tabaraka Wata'ala; ini aqidah. 

Maka ada hal-hal dasar,  yang mesti diperhatikan oleh seorang muslim.

1. Tidak ada sesuatu pun yang menimpa seseorang melainkan sudah tetap ketentuan Allah padanya. 

2. Menjaga kebersihan karena Islam dibangun atas dasar bersih.

3. Menjaga wudhu,  karena itu sarana dasar kebersihan seorang muslim dan orang yang selalu berwudhu,  akan dipanggil dalam keadaan bercahaya pada hari kiamat,  dan semoga selain menggugurkan dosa-dosa juga menggugurkan virus-virus. 

4. Selalu mentadabburi al-Qur'an,  karena al-Qur'an sebagai rahmat, dan semoga rahmat itu bisa menjauhkan kita dari segala penyakit. 

5. Berdoa,  ini adalah senjata orang beriman. 

6. Jangan abaikan petunjuk dokter dan para ahli yang tidak bertentangan dengan syariat karena itu wujud nyata tawakkal kita. 

Irsun Anwar Badrun
Gubuk Qur'an 26 Maret 2020
#minassunnah
#suara_hati






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Minassunnah berusaha menyajikan artikel Islam yang mengacu pada hadits-hadits Sahih yang merupakan dasar pijak cara kita beragama.