Minggu, 23 Oktober 2016

Sejarah Keistimewaan Hari Jumat



Hari jumat adalah hari yang diwajibkan umat-umat terdahulu, tapi kemudian  mereka berselisih dan tersesesat darinya, maka Yahudi memilih hari sabtu yang tidak diciptakan Adam di dalamnya sedang Nashrani atau Kristen memilih hari Ahad yang baru dimulainya penciptaan dan kemudian Allah memilih untuk Islam hari Jumat yang di mana hari penyempurnaan penciptaan. Lihat Muhazzab Zaadul Ma'ad Tentang Hari Jumat juga Lihat Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Jumu'ah ayat 9.

Berdasarkan hadits Abu Hurairah Rasulullah bersabda:


نَحْنُ الآخِرُونَ الأَوَّلُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَنَحْنُ أَوَّلُ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ بَيْدَ أَنَّهُمْ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِنَا وَأُوتِينَاهُ مِنْ بَعْدِهِمْ فَاخْتَلَفُوا فَهَدَانَا اللَّهُ لِمَا اخْتَلَفُوا فِيهِ مِنَ الْحَقِّ فَهَذَا يَوْمُهُمُ الَّذِى اخْتَلَفُوا فِيهِ هَدَانَا اللَّهُ لَهُ - قَالَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ - فَالْيَوْمُ لَنَا وَغَدًا لِلْيَهُودِ وَبَعْدَ غَدٍ لِلنَّصَارَى


“Kami adalah umat terakhir namun pertama di hari kiamat. Kamilah yang pertama kali masuk surga. Walaupun mereka mendapatkan kitab suci sebelum kami dan kami mendapatkan kitab suci setelah mereka. Lalu mereka berselisih dan kami ditunjukkan Allah kepada kebenaran dalam hal yang mereka perselisihkan. Inilah hari mereka yang mereka berselisih padanya dan Allah tunjukkan kepada kita. Beliau bersabda lagi: Hari jum’at adalah hari kita dan esoknya hari Yahudi dan setelah besok adalah hari nasroni.” Riwayat Muslim No. 2017 (Syamilah)

Baca juga (Adab & Amalan Hari Jumat) di sini

Akhukum Fillah



Manyaran Wonogiri 23 Oktober 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Minassunnah berusaha menyajikan artikel Islam yang mengacu pada hadits-hadits Sahih yang merupakan dasar pijak cara kita beragama.