Asal Muasal
Penamaan Hari Jumat
Di namakan الجمعة (al-jumu'ah) karena diambil dari
kata الجمع (al-Jam'u) banyak, di mana orang
Islam berkumpul di dalamya sekali seminggu di tempat ibadah yang besar. Lihat
Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Jumu'ah ayat ke:9.
Sejarah Keistimewaan
Hari Jumat
Hari jumat adalah hari
yang diwajibkan umat-umat terdahulu, tapi kemudian mereka berselisih dan tersesesat darinya,
maka Yahudi memilih hari sabtu yang tidak diciptakan Adam di dalamnya sedang
Nashrani atau Kristen memilih hari Ahad yang baru dimulainya penciptaan dan
kemudian Allah memilih untuk Islam hari Jumat yang di mana hari penyempurnaan
penciptaan. Lihat Muhazzab Zaadul Ma'ad Tentang Hari Jumat juga Lihat Tafsir
Ibnu Katsir Surah Al-Jumu'ah ayat 9.
Berdasarkan hadits Abu
Hurairah Rasulullah bersabda:
نَحْنُ الآخِرُونَ الأَوَّلُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَنَحْنُ أَوَّلُ مَنْ
يَدْخُلُ الْجَنَّةَ بَيْدَ أَنَّهُمْ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِنَا
وَأُوتِينَاهُ مِنْ بَعْدِهِمْ فَاخْتَلَفُوا فَهَدَانَا اللَّهُ لِمَا اخْتَلَفُوا
فِيهِ مِنَ الْحَقِّ فَهَذَا يَوْمُهُمُ الَّذِى اخْتَلَفُوا فِيهِ هَدَانَا
اللَّهُ لَهُ - قَالَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ - فَالْيَوْمُ لَنَا وَغَدًا لِلْيَهُودِ
وَبَعْدَ غَدٍ لِلنَّصَارَى
“Kami adalah
umat terakhir namun pertama di hari kiamat. Kamilah yang pertama kali masuk
surga. Walaupun mereka mendapatkan kitab suci sebelum kami dan kami mendapatkan
kitab suci setelah mereka. Lalu mereka berselisih dan kami ditunjukkan Allah
kepada kebenaran dalam hal yang mereka perselisihkan. Inilah hari mereka yang
mereka berselisih padanya dan Allah tunjukkan kepada kita. Beliau bersabda
lagi: Hari jum’at adalah hari kita dan esoknya hari Yahudi dan setelah besok
adalah hari nasroni.” Riwayat Muslim No. 2017 (Syamilah)
Keutamaan Hari
Jumat
1. Di hari itu disempurnakan semua penciptaan semesta.
2. Merupakan hari yang keenam dari kata ستة (sittah) di mana pada hari itu
Allah ciptakan langit dan bumi.
3. Di hari itu Adam diciptakan
4. Di hari itu Adam dimasukkan ke dalam surga
5. Di hari itu Adam dikeluarkan dari surga,
6. Di hari itu juga, terjadi kiamat.
7. Pada hari itu juga ada sebuah waktu mustajab yang apabila
seorang hamba berdoa kebaikan dan bertepatan dengan waktu tersebut maka Allah
akan memberikan kepadanya. Untuk No. 1-7 Lihat Tafsir Ibnu Katsir Surah
Al-Jumu'ah ayat ke:9.
8. Sebaik-baik hari terbitnya matahari dan sebaik-baiknya
hari dalam seminggu. HR. Muslim No. 2013 (Syamilah) Dan HR. Ibnu Majah. Berkata
Syu'aib Al-Arnut, "Isnadnya Shohih berdasarkan syarat Muslim.
9. Hari yang di mana diserukan oleh Allah untuk berkumpul
dan beribadah di dalamnya yang merupakan seagung-agung perkumpulan kaum
muslimin
Allah berfirman:
يَا
أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ
فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ
Hari orang-orang yang
beriman apabila telah diserukan untuk sholat pada hari jumat maka bergegaslah
mengingat Allah. AL-Jumu'ah: 9.
10. Sebagai penggugur-penggur dosa antara jumat satu ke jumat
berikut bagi yang melaksanakannya. Lihat Sahih Muslim No. 574 (Syamilah). Lihat juga, dalil-dalil keutamaan hari jumat di sini
Adab Dan Amalan – Amalan Pada
Hari Jumat
Amalan Pada Hari Jumat,
dapat dibagi menjadi ke dalam dua bagian. Bagian pertama adalah yang
berkaitan dengan ucapan ucapan, dan amalan yang kedua adalah amalan yang
berkaitan dengan amal perbuatan.
Pertama
Berkaitan Dengan Ucapan
1. Memperbanyak Sholawat
Rasulullah bersabda:
)إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ،
فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلَاةِ فِيهِ، فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ
عَلَيَّ( قَالُوا: وَكَيْفَ تُعْرَضُ
صَلَاتُنَا عَلَيْكَ وَقَدْ أَرَمْتَ؟، فَقَالَ: )إِنَّ اللَّهَ جَلَّ وَعَلَا حَرَّمَ عَلَى الْأَرْضِ أَنْ تَأْكُلَ
أَجْسَامَنَا(
“Hari kalian yang paling
utama adalah hari jum’at, maka perbanyaklah bershalawat untukku didalamnya
karena shalawat-shalawat kalian disampaikan kepadaku”
Mereka (para sahabat)
bertanya: “Wahai Rasulullah,bagaimanakah shalawat-shalawat kami bisa disampaikan
kepadamu padahal jasadmu telah akan hancur (dimakan tanah)?
Beliau bersabda:
“Sesungguhnya Allah ta’ala mengharamkan atas bumi untuk menghancurkan jasad
para nabi”.
HR. Ibnu Majah. Berkata
Syu'aib Al-Arnut, "Isnadnya Shohih berdasarkan syarat Muslim.
2. Membaca Surah Al-Kahfi
Rasulullah Shallallahu
Alaihi Wasallam bersabda:
) مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ
أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ (
"Siapa yang membaca
surah al-Kahfi pada hari jumat, maka akan dipancarkan cahaya baginya di antara
dua jumat." Sahih Nasa'i, Baihaqi dan Hakim. Lihat buku Sahih Kunuzu
Assunnah Annabawiyyah 1/103 (Syamilah)
3. Memperbanyak Doa
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ قَالَ ) إِنَّ فِى الْجُمُعَةِ لَسَاعَةً
لا يُوَافِقُهَا مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ فِيهَا خَيْرًا إِلاَّ أَعْطَاهُ
إِيَّاهُ (
Dari Abu Hurairah dari
Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Pada hari Jumat ada sebuah
waktu, tidaklah seorang hamba meminta kebaikan di dalamnya kepada Allah dan
bertepatan dengan waktu tersebut, kecuali Allah akan berikan kepadanya."
HR. Muslim No. 2010 (Syamilah)
Baca juga waktu-waktu musjutab berdoa pada hari jumat di sini
Baca juga waktu-waktu musjutab berdoa pada hari jumat di sini
Kedua
Berkaitan Dengan Amal
Perbuatan
1.
Bersenggama dengan istri
عن أَوْس بْن أَوْس الثَّقَفِيّ ، قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، يَقُولُ : مَنْ غَسَّلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ
وَاغْتَسَلَ ، ثُمَّ بَكَّرَ وَابْتَكَرَ ، وَمَشَى وَلَمْ يَرْكَبْ ، وَدَنَا
مِنَ الإِمَامِ ، فَاسْتَمَعَ وَلَمْ يَلْغُ ، كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ
سَنَةٍ أَجْرُ صِيَامِهَا وَقِيَامِهَا
Dari Aus bin Aus
Atsaqafi berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Bersabda
“Barangsiapa yang bersuci dan mandi, kemudian bergegas berangkat dengan
berjalan, tidak dengan menaiki dan mendekat dengan imam, lalu mendengarkan
khutbah dan tidak berbuat sia-sia, maka baginya bagi setiap langkah pahala satu
tahun baik puasa dan shalat malamnya” HR. Imam Ahmad No. 16218 (Syamilah) Dan disebutkan dalam
Syarhussunnah oleh bagawi, merupakan hadits hasan.
Berkata Ibnu Qoyyim,
bahwa kata غسل (Gossala) pada
huruf sin menggunak tasydid yang mempunyai makna menyetubuhi istri. Lihat
Muhazzab Zadul Ma'ad pada sholat Jumat.
Berkata Al-Mubarakfuri,
kata غسل (Gossala) juga bermaksud
menyetubuhi istri maka wajib atasnya juga mandi sehingga seakan-akan maknanya
suami memandikan istri dan suami pun mandi. Lihat Tuhfatul Ahwazy
Sedangkan pendapat yang
lain bahwa yang dimaksud dengan غسل (Gosala) adalah tanpa tasydid
yang berarti mencuci kepala. Wallahu a'lam.
Kesimpulannya harus
mandi dan juga bersetubuh dengan istri juga sangatlah dianjurkan walau hanya
seminggu sekali sehingga tidak kaku dan dingin.
2.
Mandi pada hari jumat
Berdasarkan hadits
sebelumnya juga dan hadits yang
diriwayatkan Bukhari, Rasulullah bersabda,
( إذا جاء أحدكم الجمعة فليغتسل )
Apabila salah seorang di
antara kalian mendapati hari jumat, maka mandilah." HR. Bukhari NO. 854
dan 877. (Syamilah)
3.
Bergegas ke Masjid
Berdasarkan
hadits Abu Hurairah berdabda Rasulullah:
« مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ
الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِى
السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِى
السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِى
السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِى
السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الإِمَامُ
حَضَرَتِ الْمَلاَئِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ ».
Barangsiapa yang mandi
seperti mandi junub pada hari Jum'at kemudian pergi ke masjid, maka seakan dia
berkorban unta badanah.
Barang siapa yang
berangkat pada jam kedua, ia bagaikan berkorban sapi.
Barang siapa berangkat
Jumat pada jam ketiga, ia bagaikan berkorban kambing.
Barangsiapa berangkat
Jum'at pada jam keempat,
ia bagaikan berkorban
ayam.
Barangsiapa berangkat
Jumpat pada jam kelima, ia bagaikan berkorban telor.
Apabila imam keluar,
maka datanglah malaikat mendengarkan dzikir. HR. Muslim No. 2001 (Syamilah)
Juga hadits berikut:
عن أَوْس بْن أَوْس الثَّقَفِيّ ، قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، يَقُولُ : مَنْ غَسَّلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ
وَاغْتَسَلَ ، ثُمَّ بَكَّرَ وَابْتَكَرَ ، وَمَشَى وَلَمْ يَرْكَبْ ، وَدَنَا
مِنَ الإِمَامِ ، فَاسْتَمَعَ وَلَمْ يَلْغُ ، كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلُ
سَنَةٍ أَجْرُ صِيَامِهَا وَقِيَامِهَا
Dari Aus bin Aus
Atsaqafi berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Bersabda
“Barangsiapa yang bersuci dan mandi, kemudian bergegas berangkat dengan
berjalan, tidak dengan menaiki dan mendekat dengan imam, lalu mendengarkan
khutbah dan tidak berbuat sia-sia, maka baginya bagi setiap langkah pahala satu
tahun baik puasa dan shalat malamnya” HR. Imam Ahmad No. 16218 (Syamilah) Dan disebutkan dalam Syarhussunnah
oleh bagawi, merupakan hadits hasan.
4.
Memakai pakaian terbaik dan menggunakan wangi-wangian
قال رسول الله صلى الله عليه و
سلم : إذا كان يوم الجمعة فاغتسل الرجل و غسل رأسه ثم تطيب من أطيب طيبه و لبس من
صالح ثيابه ثم خرج إلى الصلاة و لم يفرق بين اثنين ثم استمع للإمام غفر له من
الجمعة إلى الجمعة و زيادة ثلاثة أيام
قال الألباني : إسناده صحيح
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,
"Apabila hari jumat dan
seseorang mandi dan mencuci kepalanya kemudian memakai wangi-wangian dari
minyak wangi terbaiknya, menggunakan sebaik-baik pakaian kemudian keluar menuju
sholat dan tidak mengganggu orang dengan melewati leher-leher mereka atau duduk
di antara dua orang yang duduk dan memisahkan mereka, kemudian mendengar imam,
maka akan diampuni dosanya dari jumat satu ke jumat berikutnya ditambah lagi
tiga hari.
dalam Sahih Ibnu
Khuzaimah No. 1803 (Syamilah) Dan
berkata Syekh Albani, sanadnya sahih.
5.
Diam Saat Khotib Berkhutbah
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ )إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ أَنْصِتْ. يَوْمَ
الْجُمُعَةِ وَالإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغِيتَ(
Dari Abu Huraira dari
Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, "Apabila kamu berkata untuk
sahabatmu 'diam!' pada hari jumat sedangkan imam sedang berkhutbah, maka
sungguh telah sia-sia jumatmu." HR. Muslim, Ibnu
Hibban, Ibnu Majah.
Baca juga, kisah tragis seorang sahabat berbicara sedangkan Rasul sedang berkhutbah di sini.
6.
Sholat Tahiyatul Masjid
Berdasarkan hadits Jabir di mana Rasulullah bersabda:
إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ
وَالإِمَامُ يَخْطُبُ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ وَلْيَتَجَوَّزْ فِيهِمَا ».
“ Jika salah satu dari
kalian datang pada hari Jum’at sedang imam berkhutbah, hendaknya dia
mengerjakan sholat dua reka’at dan hendaknya dia meringankan dalam mengerjakannya. “ HR. Muslim No. 2061
(Syamilah)
Baca juga, bolehkah sholat tahiyatul masjid pada saat Khotib berkhutbah di sini.
Akhukum
Fillah
Irsun
Anwar Badrun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar