Selasa, 08 November 2016

Cara Jaga Rahasia


"Jandalah Hafshoh binti Umar." Abdullah bin Umar mengkisahkan.

Tiba-tiba Umar memulai menawarkan Hafshoh kepada sahabat mulia; Usman bin Affan, tapi saat itu Usman belum bisa menerima tawaran Umar.

Kini Umar memulai menawarkan Hafshoh kepada Abu Bakar Asshiddiq. Sepertinya Umar tahu, bahwa putrinya hanya pantas untuk orang-orang yang mulia. Namun, kali ini sikap Abu Bakar seakan tak bersahabat dengan Umar;  Abu Bakar tak memberikan satu jawaban pun dan memilih mendiami Umar.

Umar sedikit kurang hati dengan sikap Abu Bakar daripada Usman. Dan tidak lama, tiba-tiba datang Rasulullah dan mengkhitbah Hafshoh tanpa diminta lalu nikah.

Abu Bakar datang kepada Umar setelah Rasulullah usai menikah dengan Hafahoh lalu berkata, "Sepertinya kamu kurang hati denganku ketika kamu menawarkan Hafshoh dan kutidak menanggapi."

"Benar." Balas Umar.

"Tidak ada yang menghalangiku untuk menanggapi tawaranmu, hanya saja kutahu, bahwa Rasulullah pernah menyebut namanya *dan saya tidak ingin menyebarkan rahasia beliau*, kalau saja Rasulullah membiarkannya, maka kuakan menerimanya." Terang Abu Bakar. HR. Bukhari.

Anas bin Malik mengkisahkan, "Datang kepadaku Rasulullah di saat aku sedang bermain bersama anak-anak. Rasulullah pun memberi salam kepada kami dan mengutusku dalam sebuah kebutuhan sehingga membuatku terlambat atas ibuku, dan ketika kudatang pada ibuku, ia berkata, " Apa yang membuatmu terlambat?"

"Rasulullah mengutusku untuk sebuah kebutuhan." Jawab Anas.

"Apa kebutuhannya?" Tanya ibu.

*"Sebuah rahasia."* Tekan Anas. Sang ibu pun menimpali, *"Jangan kamu beritahu seorang pun tentang rahasia Rasulullah."* HR. Bukhari & Muslim

Rasulullah pernah bersabda dalam hadits yang diriwayatkan sahabat Abu Sa'id Al-Khudry, "Sesungguhnya seburuk-buruk manusia kedudukannya di sisi Allah pada hari kiamat yaitu suami istri yang bersenggama kemudian ia *menyebarkan rahasianya."* HR. Muslim.

Renungan,
Siapakah kita?
Orang yang pandai menjaga rahasia atau yang sering membocorkan rahasianya? Sampai-sampai urusan ranjang pun kita umbarkan? Fanauzu billah mindzalik.

Irsun Badrun ✍🏽
09 Agustus 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Minassunnah berusaha menyajikan artikel Islam yang mengacu pada hadits-hadits Sahih yang merupakan dasar pijak cara kita beragama.