Minggu, 27 November 2016

Nama Lain Sholat Subuh



Pertama: Sholat Fajar

Berdasarkan hadits berikut


عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ: «أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا صَلَّى الْفَجْرَ جَلَسَ فِي مُصَلَّاهُ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ حَسَنًا»


Dari Jabir bin Samurah, bahwa Nabi Sahallallahu Alaihi Wasallam apabila selesai sholat fajar, beliau duduk di tempat sholatnya sampai terbit matahari dengan baik." HR. Muslim 1/464 No. 670 (Syamilah)


Kedua: Sholat Bardun

Berdasarkan hadits berikut

عن أبي موسى رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ ».


Dari Abu Musa Radhiallahu Anhu, bahwa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Siapa yang sholat Bardain (Shubuh dan Ashar) maka dia akan masuk surga.” HR. Bukhari No.548 & Muslim No.1470 (Syamilah)

Ketiga: Sholat Qur-anul Fajar

Berdasarkan firman Allah
أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا


Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh.  Sesungguhnya Qur’anul Fajri (shalat subuh itu) disaksikan (oleh malaikat). QS. Al-Isra: 78.


Keempat: Sholat Qabla Tulu'i Assyams (Sholat sebelum terbit matahari)


Berdasarkan hadits berikut

عن أبي زهير عُمَارَةَ بْنِ رُؤَيْبَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا ».



Dari Abu Zuhaer Umarah bin Ruwaybah berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: Tidak akan masuk neraka orang yang sholat Subuh dan Ashar.HR. Muslim 2/114 No. 1468 (Syamilah)

Baca juga (Perbedaan Sholat Sunnah Fajar Dan Subuh) di sini
Baca juga (Tata Cara Sholat Sunnah Fajar) Di sini
Baca juga (Keutamaan Sholat Qabliyah Subuh) di sini

Akhukum
Irsun Anwar Badrun
Andong Boyolali 28 Nov 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Minassunnah berusaha menyajikan artikel Islam yang mengacu pada hadits-hadits Sahih yang merupakan dasar pijak cara kita beragama.