Senin, 14 November 2016

Suami Wajib Baca

Beginilah Sosok Seorang Suami

Al-Aswad bertutur, “Aku bertanya kepada  Aisyah Radhiallahu Anha tentang apa saja yang dilakukan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam di rumah?

Baca juga tentang (Pengertian Tawadhu') di sini

Maka Aisyah menjawab, "Beliau membantu pekerjaan rumah keluarganya, dan apabila waktu sholat tiba, beliau pun keluar untuk sholat." HR. Bukhari 1/136 No. 676


“Seperti ini perbuatan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tentang tawadhu' dan menganjurkan kepada umatnya yang demikian.


Termasuk dari sunnah, seseorang (suami) memperhatikan dirinya, apa-apa yang ada di dalam rumah dari apa yang dibutuhkan, baik persoalan dunianya juga apa-apa yang membantunya dalam agamanya.”  Al-Muhlab dalam Syarh Bukhari oleh Ibnu Bathol.


Baca juga tentang (sudahkah kamu tawadhu?) di sini

“Termasuk dari ketawadhuan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam di rumahnya adalah membantu keluarganya seperti memeras susu kambing dan menjahit sendal.


Contoh bentuk ketawadhuan seseorang (sumai), apabila ia di rumahnya, maka termasuk dari sunnah adalah membuat teh sendiri, memasak sendiri, dan mencuci apa-apa yang perlu dicuci.


Kamu (suami), apabila kamu kerjakan itu, maka kamu pun akan diberikan pahala sebagai  balasan mengikuti sunnah dan bentuk ketawadhuan karena Allah.


Dan Ini merupakan bentuk adanya cinta di antara kamu (suami) dan juga keluargamu.


Jika keluargamu merasa bahwa kamu menolong mereka dalam urusan pekerjaan rumah, maka akan bertambah cinta mereka kepadamu, dan bertambah nilaimu di hadapan mereka, maka jadilah permasalahan tawadhu dalam keluarga adalah kemaslahatan yang dahsyat.” Syekh Utsaimin Dalam Syarh Riyadhussholihin.



"Rasululllah membantu pekerjaan keluarganya. Membersihkan bajunya, memeras susu kambing, merapikan bajunya, menjahit sepatunya, menolong dirinya sendiri, memberi makan ternaknya, mendirikan rumah, memberikan hak-hak tunggangannya, makan bersama pembantu, membuat adonan bersama istrinya dan juga membawa barangnya sendiri dari pasar." Dalilul Falihin 3/52.


Baca juga tentang (Potret Ketawadhuan Rasulullah) di sini

Catatan,
Kalau tunggangannya saja diberikan haknya, bagaimana dengan istrimu yang haknya jauh lebih besar.

Ya Allah, jadikanlah kami suami yang baik untuk istri kami.

Akhukum Fillah
Irsun Anwar Badrun
Manyaran Wonogiri 14 Nov 2016





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Minassunnah berusaha menyajikan artikel Islam yang mengacu pada hadits-hadits Sahih yang merupakan dasar pijak cara kita beragama.